Karir

Cara Menjadi Agen Allianz

Allianz Mencari BP

“Bagaimana cara menjadi agen Allianz?”

Ini satu pertanyaan yang cukup sering saya terima, sekaligus paling saya tunggu. Kenapa? Karena dengan semakin banyaknya agen asuransi, semakin banyak pula masyarakat yang terlindungi keuangannya.

Tapi karena tidak setiap orang cocok dengan bisnis ini, izinkan saya melakukan seleksi, sebagaimana setiap bidang pekerjaan ada seleksinya.

Sebelum Mendaftar Jadi Agen Asuransi

Sebelum mendaftar, saya berharap anda sudah yakin bahwa anda benar-benar ingin menjalani profesi sebagai agen asuransi. Yakin berarti:

  • Anda siap menghubungi beberapa orang setiap hari untuk menawarkan asuransi.
  • Anda siap menghadapi banyak penolakan, dicuekin, dan di-PHP-in.
  • Anda siap menjalani profesi agen asuransi seumur hidup.
  • Anda siap melayani para nasabah seumur hidup anda.

Jika anda bertanya, coba-coba dulu boleh gak? Itu tandanya anda belum yakin. Saran saya: pelajari lebih lanjut tentang peluang bisnis ini. Sumber-sumbernya banyak tersedia di internet. Jika masih ragu, akan lebih baik jika anda menyempatkan diri datang ke acara semacam seminar peluang bisnis yang diadakan secara rutin di kantor-kantor keagenan terdekat. Gratis.

Mungkin anda bertanya, kalau sambilan dulu boleh gak? Saya jawab: boleh part-time (sambilan), tapi harus full-heart (sepenuh hati). Karena bisnis ini tidak memberikan gaji, kebanyakan orang memulai bisnis asuransi dengan tetap menjalani pekerjaan yang sekarang. Mereka baru full-time (penuh waktu) ketika hasil dari bisnis ini sudah menyamai atau melebihi hasil dari pekerjaannya yang lama.

Terus-terang, menjadi agen asuransi yang sukses itu tidak mudah, dan tidak semua orang siap melayani orang-orang lainnya dengan sepenuh hati. Jika anda memiliki kesiapan hati untuk berjuang di bisnis ini, silakan dilanjut. Semoga anda menjadi salah seorang yang sukses seperti para MDIT (Million Dollar Income Team).

Kualifikasi yang Diharapkan

Pada dasarnya siapa pun dapat mendaftar sebagai agen Allianz di tim saya, yang penting punya keberanian untuk menghubungi orang lain dan mau belajar.

Tapi demi kelancaran kerja kita ke depan, saya berharap calon agen di tim saya telah memiliki modal awal sebagai berikut:

  1. Memiliki kendaraan sendiri (syarat standar seorang sales di mana pun).
  2. Memiliki komputer atau laptop (untuk membuat proposal ilustrasi produk).
  3. Paham menggunakan internet (sesekali saya akan meminta bantuan anda untuk melayani permintaan calon nasabah).
  4. Mampu belajar mandiri dengan membaca dan tidak keberatan melakukan konsultasi jarak jauh via WA, BBM, SMS, telepon, atau email.

Jika anda ingin memasarkan produk asuransi melalui internet atau blog seperti saya, dan ingin diajari caranya, ada tambahan kualifikasi lagi, yaitu:

  1. Rajin membaca.
  2. Bisa menulis, atau mau mempelajarinya.
  3. Akrab dengan dunia internet (mesin pencari, email, blog/web, dan semacamnya).

Persyaratan Administratif

1. Mengisi Form Aplikasi Agen, dengan melampirkan:

a. Fotokopi KTP (2 lembar)

b. Pas foto warna ukuran 3×4 (2 lembar)

c. Fotokopi buku tabungan (1 lembar)

d. Fotokopi NPWP (1 lembar)

e. Bukti transfer biaya ujian lisensi AAJI sebesar 225 ribu (online, Jakarta) atau 250 ribu (paper, luar Jakarta).

2. Mendaftarkan satu polis Tapro (Allisya Protection Plus atau Smartlink Flexi Account Plus), boleh diri sendiri atau orang lain. Sangat dianjurkan anda memiliki polis untuk diri sendiri.

Polis yang didaftarkan ini akan dihitung sebagai produksi anda dan komisinya pun untuk anda. Jika anda belum tahu apa itu Tapro, silakan dibaca di SINI. Anda dapat berdiskusi dulu dengan saya untuk memperdalam pengetahuan produknya. Sebagai catatan, seorang penjual hanya akan sukses jika dia menyukai produk yang dia tawarkan kepada orang lain.

Saya berharap anda telah mengetahui produk asuransi yang dipasarkan oleh agen Allianz, tertarik dengan produk tsb, dan mau memilikinya, sehingga anda pun akan senang menawarkannya kepada orang lain.

3. Mengikuti ujian lisensi dari AAJI.

Jika lulus, anda pun resmi menjadi agen asuransi jiwa berlisensi. Jika tidak, anda boleh mengulang ujian dengan membayar biaya sebesar 150 ribu.

Jarak waktu dari pendaftaran ke ujian adalah sekitar 2-3 minggu. Sambil menunggu, anda bisa mulai belajar materi ujian lisensi AAJI dan materi-materi lainnya

Iklan