Alasan Calon Nasabah Lebih Memilih Asuransi Unit Link Dibandingkan Deposito

Sumber gambar investment.allianz.co.id

Tujuan utama dalam asuransi adalah proteksi dan bukan investasi.

Lalu mengapa yang ditawarkan asuransi unit link dan bukan asuransi murni?

Alasannya adalah asuransi murni tidak menarik semua minat masyarakat saat ini untuk berasuransi karena premi yang disetorkan hangus walaupun premi yang dibayarkan asuransi murni lebih murah jika dibandingkan dengan premi asuransi unit link.

Apakah karena alasan komisi agen asuransi yang menarik sehingga lebih menjual asuransi unit link?

Saya pribadi memberikan hak kebebasan kepada calon nasabah dalam memilih produk asuransi baik asuransi murni atau asuransi unit link yang terpenting sesuai dengan kebutuhan.

Contoh seperti profil calon nasabah yang saya temui berikut ini. Pria usia 50 tahun yang berprofesi sebagai pengusaha meminta dibuatkan contoh proposal ilustrasi dengan manfaat dasar asuransi jiwa dan uang pertanggungan sebesar Rp. 1 Miliar. Rencana setor selama 5 tahun sebesar Rp. 1 Miliar sekaligus mendapatkan bonus investasi ditahun ke-5 diatas Rp. 1 Miliar, tanpa tambahan manfaat (rider) asuransi apapun.

Diberikan penawaran manfaat asuransi kesehatan tambahan penyakit kritis beliau menolaknya, dengan alasan belum tentu terkena sakit kritis dan pasti akan meninggal dunia. Beliau ingin mengasuransikan sesuatu yang sudah pasti terjadi, begitu pendapatnya. Ditambah lagi beliau sudah memiliki asuransi kesehatan walaupun belum tentu sesuai dengan kebutuhannya (belum riview polis).

Sebelumnya saya sudah menjelaskan bahwa nilai investasi pada sebuah ilustrasi unit link hanyalah estimasi (prediksi) bisa saja estimasi tersebut meleset dan nilai tersebut tidak dijamin, bergantung pada tingkat suku bunga yang berlaku saat ini.

Jawab calon nasabah, apa gunanya agen asuransi kalau tidak bisa memprediksi nilai investasi unit link dan sekaligus menjadi manajer investasi? Nah loh, dalam hati iya juga. Kenapa agen asuransi berani menjual asuransi unit link kalau tidak mengetahui profil investasi yang di inginkan calon nasabahnya.

Bisakah Anda menunjukkan laporan hasil laporan investasi unit link tahun ini (tanya calon nasabah)? Lihat gambar paling atas

Sebagai perencana keuangan (agen asuransi) yang masih miskin akan ilmu dan pengalaman tentunya masih agak binggung menghadapi profil calon nasabah seperti ini yang boleh dikatakan memiliki karakter saklek (tegas) sehingga saya tetap membutuhkan masukan dengan berkonsultasi oleh perencana keuangan senior (leader) dengan tujuan memberikan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan calon nasabah.

Unit Link atau Deposito?

Yang menjadi sebuah pertanyaan saya kepada calon nasabah, mengapa lebih memilih menginvestasikan pada asuransi unit link dibandingkan deposito?

Jawaban dari calon nasabah tersebut adalah jika menginvestasikan pada deposito berjangka di tengah perjalanan kehidupan ternyata investor meninggal dunia, nilai investasi hanya segitu saja sesuai dengan apa yang di setorkan, berbeda dengan asuransi unit link yang menambah nilai investasi berikut nilai pertanggungan jiwa jika tertanggung tutup usia.

Kesimpulan

Tugas utama Agen asuransi adalah bukan hanya menjual tetapi memberikan edukasi terbaik agar calon nasabah mengerti tujuan dan manfaat asuransi. Jika tujuan utamanya adalah proteksi dengan bonus tambahan investasi yang belum pasti Unit Link adalah pilihan yang tepat.

Jika ingin berinvestasi dengan hasil pasti tanpa adanya proteksi pilihannya adalah Deposito, Emas dan Properti.

Semua itu saya kembalikan kepada Anda karena tugas saya sebagai agen asuransi hanya menyampaikan hal yang benar tanpa harus membodohi calon nasabah yang berujung pada kekecewaan terhadap dunia asuransi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s