Alasan Mengapa Uang Pertanggungan Jiwa dan Kesehatan Harus Diperbarui

Sumber gambar pixabay.com

Sudah memiliki polis asuransi jiwa dan kesehatan masih saja belum aman dari risiko kerugian finansial. Apalagi seseorang yang belum memiliki polis asuransi, semakin besar pula kerugian finansialnya.

Lalu apa manfaat dari asuransi kalau seperti ini?

Manfaat asuransi adalah meminimalkan risiko dari kerugian finansial yang disebabkan oleh biaya yang timbul karena risiko hidup seperti sakit, kecelakaan, cacat, tua dan meninggal.

Bagaimana cara memaksimalkan manfaat asuransi dari kerugian finansial?

Salah satu caranya adalah memperbarui nilai manfaat uang pertangunggan Anda saat ini.

Contoh ilustrasi berikut ini,
Saya usia 30 tahun, merokok, pekerjaan sebagai karyawan, sudah berkeluarga memiliki satu putra dan memiliki pendapatan kurang dari 10 juta.

Memiliki polis asuransi jiwa dan kesehatan dengan manfaat uang pertanggungan jiwa Rp. 50 Juta dan uang pertanggungan penyakit kritis Rp. 50 Juta. Premi yang saya bayarkan sebesar Rp. 300 Ribu/bulan.

Mungkin Anda sudah mengetahui risiko apa yang akan timbul dari contoh profil ilustrasi tersebut diatas. Seorang perokok yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit kritis, seperti serangan jantung, stroke dan kanker.

Berapa biaya pengobatan dan perawatan penyakit kritis tersebut diatas?

Biaya Pasang Ring Jantung

Biaya pasang ring jantung bisa mencapai 50 juta rupiah untuk satu ring, sudah termasuk operasi dan beli ring. Namun kisaran tersebut belum termasuk biaya kateter, perawatan dan penginapan serta dokter spesialis jantungnya. Dengan seluruh rincian yang ada maka kisaran biayanya sekitar 150-250 juta rupiah.

Biaya Pengobatan Stroke

Stroke tersebut, harus mengeluarkan biaya setidaknya ratusan juta rupiah. “Ya, biayanya sekitar US$ 15 ribu atau sekitar Rp 150 juta. Yang lebih berat bahkan bisa sampai US$ 45 ribu atau sekitar Rp 450 juta,” jelas Sukono.¬†Kurang lebih, itulah dampak finansial yang dihasilkan apabila ada seseorang yang terkena Stroke. Stroke sampai hari ini masih menjadi penyakit yang membawa kecacatan tertinggi, hingga ke depannya membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Biaya Pengobatan Kanker

Tidak bisa dipungkiri, pengobatan kanker masih sangat mahal dan tidak terjangkau bagi yang tidak punya jaminan kesehatan. Karena biayanya mencapai rata-rata Rp 100 juta/bulan, banyak yang akhirnya lari ke herbal sebagai alternatif.

Dari ketiga biaya pengobatan dan perawatan penyakit tersebut diatas hampir rata-rata membutuhkan biaya ratusan juta rupiah, sedangkan contoh pada profil ilustrasi diatas hanya memiliki uang pertangungan penyakit kritis sebesar Rp. 50 Juta.

Kesimpulannya adalah manfaat uang pertanggungan yang dimiliki peserta masih belum cukup atau sesuai dengan kebutuhan peserta untuk menutupi biaya tersebut diatas. Sehingga hanya melindungi dampak keuangan secara minimal dan masih ada kepincangan dalam mengeluarkan biaya pengobatan dari kantung pribadi. Sedangkan tujuan dari berasuransi adalah memaksimalkan agar tidak terjadi dampak keuangan yang merugikan peserta.

Sebelum hal itu terjadi, salah satu caranya adalah dengan memperbarui manfaat uang pertanggungan kesehatan yang dimiliki (upgrade/top up).

Bagaimana cara memperbarui manfaat uang pertanggungan?

Berkonsultasi dengan agen asuransi terpercaya Anda untuk meninjau ulang kembali manfaat uang pertanggungan yang ada pada polis dan meminta sebuah ilustrasi.

Uang pertanggungan atau premi?

Dengan memperbarui manfaat uang pertanggungan sama dengan menaikkan premi yang dibayarkan.

Hal ini yang seiring kali menjadi alasan banyak peserta asuransi untuk menunda memperbarui manfaat uang pertanggungan diantaranya premi yang dibayarkan semakin tinggi.

Bahkan ada peserta asuransi yang beranggapan bahwa dengan menaikkan pembayaran premi maka semakin besar pula komisi agen asuransi.

Jangan berpikir negatif terlebih dahulu, percayalah komisi yang diterima oleh agen asuransi tidak lebih besar dari manfaat uang pertanggungan yang Anda terima.

Asuransi dimiliki hanya untuk orang-orang yang berpikiran positif seperti Anda yang perduli akan masa depan.

Asuransi sangat tidak cocok untuk orang-orang yang memiliki pemikiran negatif dan bersyukur dengan keadaan saat ini, tanpa berusaha mengubah keadaan untuk masa depan.

Bukan berarti orang yang memiliki asuransi tidak bersyukur, justru malah sebaliknya orang yang berasuransi selalu bersyukur dengan dibarengi solusi (usaha).

Pada intinya uang pertanggungan yang maksimal dapat menggantikan nilai ekonomi seseorang untuk terus mendukung keluarga tanpa memberikan beban yang ditinggalkan. Bentuk paling sederhana adalah uang pertanggungan seharusnya cukup untuk memenuhi kebutuhan rutin bulanan dalam jangka waktu panjang.

Kalkulasikan uang pertanggungan yang maksimal dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

1. Biaya hidup per bulanan untuk jangka waktu 10 tahun s/d 20 tahun.
2. Hutang atau cicilan kredit.
3. Dana kebutuhan khusus seperti biaya pendidikan anak.
4. Warisan.

Dengan memperhitungkan ke empat faktor tersebut, maka keluarga akan berada dalam kondisi finansial yang relatif aman karena uang pertanggungan sudah mencakup pengeluaran yang nominalnya relatif besar.

Mari kita mulai merubah cara pikir berasuransi. Apakah manfaat uang pertanggungan sudah memenuhi kebutuhan dan sesuai dengan kesanggupan pembayaran premi.
Kebutuhan hidup sudah meningkat.

Bagaimana dengan kesanggupan pembayaran premi?

Saya yakin tidak ada orang yang tidak sanggup untuk membayar premi, semua pasti bisa jika sudah terbentuk pola kesadarannya dalam berasuransi.

Dengan meningkatnya kebutuhan hidup sudah pasti dibarengi dengan meningkatnya pendapatan. Terbukti banyak kebutuhan yang sering dikeluarkan tanpa dirasakan manfaatnya seperti memenuhi keinginan gaya hidup.

Lebih baik menyisihkan sebagian penghasilan untuk membayar premi asuransi dari pada harus mencari uang sekaligus dalam jumlah banyak atau meminjam uang dalam keadaan darurat.

Percayalah dengan premi yang Anda bayarkan selama ini akan dapat membantu Anda disaat membutuhkan dana dalam keadaan darurat disaat risiko hidup datang dan manfaat uang pertanggungan menyelamatkan hasil pekerjaan Anda selama ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s