Tanya Jawab tentang Asuransi Penyakit Kritis

Hasil gambar untuk penyakit kritis

Pengetahuan Umum tentang Asuransi Penyakit Kritis

A : Apakah asuransi penyakit kritis itu?

Z : Asuransi penyakit kritis ialah asuransi yang memberikan sejumlah uang tunai dalam jumlah besar ketika tertanggung mengalami suatu penyakit kritis.

A : Contohnya?

Z : Contoh: Seseorang memiliki asuransi penyakit kritis dengan UP (uang pertanggungan) sebesar 1 miliar. Maka ketika ia mengalami salah satu penyakit kritis yang ditanggung, ia akan mendapatkan uang tunai sebesar 1 miliar.

A : Contoh penyakit kritis itu apa saja?

Z : Contoh yang umum seperti kanker, penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Lainnya seperti tumor jinak otak, meningitis bakteri, hepatitis fulminant, kelumpuhan, bisu, tuli, buta, dan banyak lagi.

A : Kenapa kita perlu asuransi penyakit kritis?

Z : Setidaknya karena dua hal. Pertama, karena biaya penyakit kritis itu mahal sekali. Anda tahu, bahkan BPJS pun kerepotan membiayai penyakit kritis sehingga muncul wacana untuk berbagi biaya (cost sharing) dengan peserta. Jadi, asuransi kesehatan yang ada mungkin tak mencukupi. Kedua, karena penyakit kritis bisa menyebabkan berkurang atau hilangnya kemampuan bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Contoh: orang yang kena stroke atau kanker, apakah dia masih bisa bekerja? Kecil kemungkinannya. Tapi biaya perawatan masih terus berjalan dan demikian pula biaya hidup. Dalam hal kehilangan penghasilan ini, asuransi kesehatan sama sekali tak bisa bantu. Yang bisa bantu hanyalah asuransi yang memberikan uang tunai (hard cash) dalam jumlah besar, yaitu asuransi penyakit kritis.

A : Siapa yang terutama membutuhkan asuransi penyakit kritis?

Z : Terutama pencari nafkah dan setiap orang dewasa. Untuk anak-anak belum prioritas, walaupun tak ada salahnya jika punya.

A : Bagaimana cara klaim asuransi penyakit kritis?

Z : Mengisi form klaim penyakit kritis, lampirkan dokumen pendukung seperti diagnosa dokter tentang penyakit, hasil cek laboratorium, dan dokumen pendukung lain yang diperlukan. Semua dokumen dikirim ke kantor perusahaan atau bisa dititip lewat agen. Selengkapnya di SINI.

A : Apakah klaimnya tidak menggunakan kartu cashless?

Z : Tidak, karena asuransi penyakit kritis bukan untuk membiayai tagihan biaya rumah sakit. Uang Pertanggungan tidak diberikan ke rumah sakit, tapi langsung ke rekening nasabah. Produk yang menggunakan fasilitas kartu cashless hanya asuransi kesehatan untuk rawat inap atau pembedahan (HS: hospital and surgical).

A : Apakah asuransi penyakit kritis bisa double claim dengan asuransi kesehatan?

Z : Bisa. Walaupun nasabah memiliki asuransi kesehatan dan biaya rumah sakit sudah ditanggung penuh oleh asuransi kesehatan tersebut, UP penyakit kritis akan cair utuh sebesar nilai yang diambilnya.

A : Berapa lama proses klaim penyakit kritis?

Z : Tergantung jenis penyakit karena setiap penyakit memiliki kriteria yang berbeda. Standar antara 1 sd 3 bulan. Bisa lebih cepat dan bisa lebih lambat.

A : Lama juga ya. Jadi kalau butuh uang cepat untuk biaya sakit, bagaimana?

Z : Perlu diketahui bahwa asuransi penyakit kritis bukan merupakan pertolongan pertama. Untuk pertolongan pertama, seseorang tetap harus punya asuransi kesehatan rawat inap, atau pakai BPJS, atau menggunakan dana darurat yang dimiliki. Jadi, jangan mengharapkan asuransi ini dapat menanggung biaya berobat sejak awal, karena klaimnya saja pun masih harus dibuktikan.

A : Ada yang bilang klaim penyakit kritis bisa cair begitu terdiagnosa. Apa ini betul?

Z : Jangan salah paham dengan istilah “terdiagnosa”. Istilah terdiagnosa berarti “terdiagnosa memenuhi kriteria”. Setiap jenis penyakit kritis ada kriterianya, dan diagnosa harus didukung bukti-bukti yang relevan. Misalnya MRI atau CT scan untuk kasus stroke dan biopsi untuk kanker.

A : Bagaimana dengan asuransi penyakit kritis yang bisa diklaim mulai tahap awal?

Z : Tahap awal (early stage) ya sama juga ada kriterianya. Bedanya, kriterianya lebih ringan daripada penyakit kritis tahap lanjut (advanced). Tapi diagnosa tahap awal pun harus didukung bukti-bukti tes laboratorium yang relevan dengan penyakitnya.

A : Apa yang menyebabkan proses klaim bisa lebih lambat?

Z : Jika usia polis masih baru (di bawah 2 tahun), biasanya akan diadakan investigasi untuk memastikan penyakit yang diklaim bukan merupakan penyakit yang sudah ada sebelumnya tapi disembunyikan di SPAJ (Surat Permohonan Asuransi Jiwa). Jika usia polis di atas 2 tahun, proses klaim akan lebih cepat. Selain itu, kerjasama nasabah dalam menyediakan kelengkapan berkas klaim sangat mempengaruhi kecepatan prosesnya.

A : Jika nasabah memiliki lebih dari satu asuransi penyakit kritis di perusahaan asuransi yang berbeda, apakah bisa klaim semuanya?

B : Bisa. Misalnya di asuransi A punya UP 1 miliar, di asuransi B punya UP 500 juta, maka akan cair 1,5 miliar.

A : Jika biaya sakit kritis tak sampai sebesar UP yang diambil, apakah tetap mendapat sebesar UP?

Z : Jika UP yang diambil misalnya 1 miliar, maka nasabah tetap mendapat 1 miliar walaupun biaya sakit kritis tak sampai 1 miliar. Sisanya bisa digunakan untuk biaya hidup dan perawatan lanjutan.

A : Jika biaya sakit kritis lebih dari 1 miliar, berarti juga tetap hanya mendapat 1 miliar?

Z : Iya, betul. Makanya ambil yang lebih sejak sekarang, karena kita tak pernah tahu berapa biaya sebenarnya dari sakit yang kita derita.

 

Produk Asuransi Penyakit Kritis di Allianz

A : Apa saja produk asuransi penyakit kritis di Allianz?

Z : Ada tiga, dan ketiganya merupakan rider (asuransi tambahan) pada produk asuransi jiwa unit-link Tapro (Allisya Protection Plus dan Smartlink Flexi Account Plus).

A : Apa saja?

Z : Pertama, rider CI+. Kedua, rider CI100. Ketiga, rider CI Accelerated.

A : Bagaimana penjelasannya?

Z : Rider CI+ menanggung 49 penyakit kritis tahap lanjut (advanced), dengan masa perlindungan sampai usia 70 tahun. Rider CI100 menanggung 100 kondisi penyakit kritis mulai tahap awal (early stage), dengan masa perlindungan sampai usia 100 tahun. Rider CIA sama dengan CI+, menanggung 49 penyakit kritis tahap lanjut. Bedanya klaim CIA mengurangi (accelerated) UP asuransi dasar, dan masa perlindungannya sd usia 85 tahun.

A : Tiga produk rider tersebut apakah bisa diambil tiga-tiganya?

Z : Bisa, dengan ketentuan maksimal total UP ketiganya 10 miliar, dan untuk CI100 maksimal 5 miliar.

A : Dari tiga produk tersebut, maka yang paling disarankan?

Z : CI100 dan CI+. CI100, karena pertanggungannya paling luas dan menanggung mulai tahap awal. CI+, karena biaya asuransi atau tabarru-nya lebih murah. Oleh karena itu, untuk mendapatkan UP yang lebih optimal, disarankan ambil dua, CI100 dengan CI+. Sedangkan CIA tidak disarankan karena klaimnya mengurangi UP jiwa, kecuali mungkin untuk orang yang usianya sudah di atas 60 tahun.

A : Karena CI ini merupakan rider, berarti harus ambil asuransi jiwa ya?

Z : Betul. Tapi UP penyakit kritis bisa diambil hingga 5 kali UP jiwa. Misal, ingin UP Penyakit kritis 1 miliar, maka UP jiwanya cukup 200 juta.

A : Apakah tidak ada asuransi penyakit kritis yang berdiri sendiri (stand alone) seperti asuransi kesehatan murni?

Z : Saat ini di Allianz belum ada. Entah nanti jika banyak permintaan. [Artikel ini pernah dimuat di blog myallisya.com.]

 

Untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap mengenai tiga produk asuransi penyakit kritis dari Allianz, silakan membaca artikel “Penjelasan tentang 3 Produk Asuransi Penyakit Kritis dari Allianz”.

Dapatkan juga proteksi penyakit kritis dengan premi mulai 300 ribu per bulan. Klik gambar di bawah ini:

gambar-promo-ci

Baca juga beberapa artikel terkait tema asuransi penyakit kritis:

Untuk konsultasi mengenai asuransi dan produk-produk asuransi dari Allianz, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Business Partner ASN)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: myallisya@gmail.com | Tinggal di Serpong Tangerang Selatan

Atau:

Cari Agen Allianz di Kota Anda

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s