Klaim Tidak Dibayar Bukan Berarti Kesalahan Pihak Asuransi

Posted by denjo.

Terkait dengan penayangan sebuah artikel online dan juga penyebarannya melalui media sosial yang menyebutkan Perusahaan Asuransi tidak menyetujui klaim nasabahnya. Sehingga menimbulkan keresahan dan ketidaknyamanan terhadap para nasabah dan calon nasabah. Oleh karena itu saya ingin menyampaikan dan memberi perhatian yang serius terhadap masalah ini untuk kepercayaan dan kenyamanan pemegang polis Asuransi Jiwa dan kesehatan khususnya produk Cash Plan.

Satu hal yang saya tekankan disini adalah Perusahaan Asuransi sangat menghormati hak nasabahnya dan secara bersamaan memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga kepercayaan mereka. Proses klaim merupakan salah satu titik temu yang sangat penting bagi Perusahaan dengan nasabah, sehingga Perusahaan senantiasa menjaga agar segala keputusan yang ada telah dikaji dengan cermat dan berdasarkan prinsip penuh kehati-hatian. Di samping itu, Perusahaan juga terus melakukan berbagai inovasi pelayanan yang bertujuan untuk semakin mempermudah nasabah dan mitra bisnis dalam berbagai kegiatan terkait dengan kepemilikan polis asuransi jiwa dan kesehatannya.

Bisnis.com, JAKARTA — Layanan asuransi kesehatan, khususnya pada jenis produk hospital cash plan, ternyata masih rentan terhadap aksi penipuan atau fraud.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menjelaskan jenis fraud itu seringkali terjadi pada layanan asuransi kesehatan dengan skema cash plan. Produk asuransi kesehatan ini memberikan manfaat berupa biaya pengganti sesuai dengan jumlah hari perawatan atau tindakan tertentu.

Dengan besaran nilai penggantian yang ditetapkan di awal, klaim produk asuransi ini umumnya dilakukan secara reimbursement. Produk ini berbeda asuransi kesehatan dengan skema hospital benefit yang memberikan manfaat melalui sejumlah paket atau plan, mulai dari biaya obat, dokter, hingga biaya rawat inap sesuai kelasnya, yang dipilih sejak awal.

Dengan begitu, produk dengan skema hospital benefit umumnya nontunai sebab tidak melalui prosesreimbursement dan dibayarkan oleh asuransi sesuai nilai yang tertera pada kuitansi tertanggung. “Hospital cash plan itu kalau nasabah masuk rumah sakit, misalnya perusahaan asuransi jiwa akan beri Rp1.5 juta per hari. Ini yang sering dimainkan nasabah nakal,” ujarnya kepada Bisnis pekan lalu.

Bahkan, Togar menyatakan fraud itu dimungkinkan melalui kerja sama antara nasabah atau tertanggung dengan tenaga medis dan juga rumah sakit tertentu. Menurut dia, dalam sejumlah kasus tertanggung sebenarnya tidak sakit tetapi rekomendasi bertandatangan dokter dan kuitansi dari rumah sakit tetap dilayangkan ke perusahaan asuransi jiwa.

Tidak mengherankan, jelas dia, ada sejumlah nama dalam black list perusahaan asuransi jiwa bisa dikateorikan masyarkat kelas menengah ke bawah, tetapi dapat memiliki hingga tujuh polis asuransi kesehatan dengan nilai klaim besar. “Itu sudah dan masih terjadi. Jadi, kasus klaim tidak dibayar belum tentu kesalahan asuransi,” ungkapnya.

Maka dari itu kita harus jeli, hati-hati dan teliti terhadap berita apapun yang beredar disosial media. Tanyakan kepada nasabah, apa penyebab klaimnya ditolak? Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan bahwa Perusahaan asuransi tidak membayarkan klaim nasabahnya.Tidak ada satupun Perusahaan asuransi yang menolak klaim nasabahnya jika sesuai dengan prosedur.

Hal yang terjadi di masyarakat kita saat ini adalah jika ada berita baik (klaim disetujui) jarang sekali ada yang menceritakan kabar baik tersebut kepada orang lain. Jika ada berita buruk tentang Perusahaan asuransi masyarakat begitu mudah mempercayainya tanpa mencari tahu kebenarannya.

Semoga tulisan ini tidak menutup niat Anda untuk memiliki sebuah Polis asuransi jiwa dan kesehatan yang sangat dibutuhkan guna memproteksi keuangan Anda dan keluarga.

Untuk berkonsultasi secara gratis hubungi:

Suhardeni 0812 8263 0856

E-mail:phat_family46@yahoo.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s