Nikmatnya Merdeka Secara Finansial

Kemerdekaan Finasial

Posted by denjo

Mau merdeka secara finansial?

Sudahkah Anda mempersiapkannya?

Hampir sebagian orang belum memerdekakan diri secara finansial, terbukti banyak orang yang rela kehilangan hasil jeri payahnya selama ia bekerja akibat resiko hidup yang datang menghampiri kehidupannya dan terjadilah krisis secara finansial. Perlu kita ingat bahwa hidup ini tidaklah semua aman, semua penuh dengan resiko kehidupan. Contohnya saja, seorang karyawan yang memiliki jabatan dan penghasilan yang lumayan, dapat diberhentikan kapan saja oleh perusahaan (PHK). Dengan alasan, perusahaan sudah tidak menginginkan karyawannya bekerja karena kinerja yang menurun akibat sakit kritis (stoke) dan pada akhirnya pendapatan karyawan tersebut menjadi hilang.

Andai saja waktu dapat diulang kembali, sudah tentu karyawan yang merasa nyaman secara finansial tersebut memproteksi finansialnya melalui Asuransi Jiwa dan Kesehatan Allianz Syariah (Allisya Protection Plus). Memang benar resiko hidup seperti datangnya sakit kritis dan meninggal, merupakan takdir Tuhan Yang Maha Kuasa dan kita tidak dapat menghindarinya. Jelas sudah bahwa Asuransi Jiwa dan Kesehatan tidak ada hubungannya dengan takdir Tuhan, Asuransi Jiwa dan Kesehatan selalu berkaitan dengan finansial. Seseorang yang terkena musibah sakit kritis membutuhkan finansial untuk biaya pengobatan dan sesorang yang meninggal membutuhkan finansial untuk kelurga yang ditinggalkan. Biaya hidup tidak akan pernah mati walaupun si pencari nafkah telah tiada.

Jika hidup Anda tidak ingin seperti cerita diatas, berikut beberapa langkah umum yang bisa Anda Siapkan.

  • Tentukan tujuan keuangan

Tentukan tujuan keuangan Anda sesuai skala prioritas Anda dan total dana yang diperlukan, kapan harus terkumpul dan waktu yang diperlukan untuk mengumpulkannya.

Dengan menyisihkan 10% s/d 20% dari pendapatan yang Anda miliki setiap bulannya dan bersiplin dalam membayar premi Asuransi, maka hasil bonus investasi unit link  dapat Anda gunakan sebagai tambahan uang pensiun dihari tua.

  • Identifikasi Aset dan strategi keuangan

Ketahuilah aset Anda yang produktif, serta pikirkan solusi untuk aset yang kurang produktif, setelah itu tentukan keuangan lewat akutansi (budgeting) ideal untuk menjaga aset Anda agar tetap tumbuh.

Pilihlah aset mana yang paling mudah dicairkan ketika datang resiko hidup  menghampiri, seperti halnya sakit kritis yang membutuhkan biaya yang besar untuk penyembuhannya. Hanya polis Asuransi Jiwa dan Kesehatan satu-satu aset yang sangat mudah dicairkan dalam masa tunggu 90 hari/3 bulan semenjak bergabung. Disaat itu pula Uang Pertanggungan sakit kritis dapat menjaga aset tanpa harus menjual aset yang Anda miliki saat ini.

  • Ukur kebutuhan perlindungan resiko

Sesuaikan nilai uang pertanggungan jiwa dan kesehatan dengan tujuan keuangan Anda, hitung jumlah pengeluaran/pendapatan perbulan dan asumsi tingkat inflasi ke depan.

Jika pendapatan Anda 2 tahun yang lalu kurang dari Rp. 5 Juta/bulan,  dengan premi Asuransi Jiwa dan Kesehatan sebesar  Rp. 500 Ribu perbulan dan manfaat Uang pertanggungan jiwa dan sakit kritis sebesar Rp.100 Juta.

Saat ini pendapatan Anda sudah diatas Rp 5Juta s/d Rp.10Juta/bulan, maka premi Asuransi Jiwa dan Kesehatan harus disesuaikan mengikuti dengan naiknya pendapatan sebesar Rp.1Juta/bulan. Upayakan Uang Pertanggungan Jiwa dan sakit kritis sebesar Rp. 1Miliar agar sesuai dengan kebutuhan.

Anda tahu mengapa Uang Pertanggungan harus sebesar Rp. 1Miliar? Karena Uang Pertanggungan  tersebut dapat menggantikan pendapatan Anda yang hilang karena sakit kritis. Jika menurut Anda Uang Pertanggungan Rp. 1Miliar masih dirasakan kurang, silahkan konsultasikan dengan Agen Asuransi Syariah disekitar Anda.

Jika Anda tidak berdisplin membayar premi asuransi, suatu hari Anda-lah yang akan membayar klaim Anda sendiri. Jangan mau menjadi “perusahaan asuransi bagi keluarga Anda sendiri”.

Sangat berat dan menyakitkan…mengorbankan hasil kerja keras Anda selama ini hanya untuk pengobatan Anda sendiri, seharusnya hasil kerja keras Anda dinikmati oleh keluarga tercinta dan bukan dinikmati Rumah Sakit.

Untuk membantu kebutuhan informasi Anda tentang Asuransi Syariah, berkonsultasi gratis,

Hubungi Suhardeni 0812 8263 0856

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s