Bagaimana Sistem Keselamatan F1 Dapat Menyelamatkan Jiwa Di Jalan Raya

allianz-f1-circuit-8

Pentingnya keselamatan berkendara merupakan hal yang perlu diperhatikan setiap pengendara. FIA (Fédération Internationale de l’Automobile) menggalakkan keselamatan berkendara di seluruh dunia.

Bagaimana bisa kendaraan yang digeber sedemikian kencangnya dapat menjadi acuan keselamatan jiwa di jalan raya? Jawabannya: Lebih banyak dari yang Anda pikirkan selama ini.

Tak kurang dari 1,3 juta pengguna jalan kehilangan nyawa di jalan raya setiap tahunnya. Mari kita renungkan sejenak. Renungkan berapa banyak Anda mendengar berita tentang kecelakaan pesawat, dimana sekitar 130 penumpang kehilangan nyawanya dengan tragis. Tetapi mari kita coba kalikan 10.000…dan benar-benar terjadi setiap harinya. Setiap hari.

Hal ini pula yang menjadi pekerjaan rumah FIA, yang tak hanya sebagai pengadil kegiatan olahraga bermotor di seluruh dunia, namun juga memiliki pengaruh kuat dalam mengawasi masalah keselamatan berkendara di jalan raya, secara global.

Belum lama ini, Presiden FIA, Jean Todt, telah ditunjuk oleh PBB sebagai Duta Khusus Keselamatan Jalan Raya. Penunjukan ini merupakan refleksi dari kerja keras dan upaya Todt dalam menggalakkan pentingnya road safety di seluruh dunia.

“Kami telah mengembangkan sistem keselamatan yang dapat dipertanggungjawabkan selama beberapa dekade, dan banyak dari sistem tersebut sangat dapat diaplikasikan di kendaraan pribadi,” papar Todt. “Organisasi kami memiliki tanggungjawab besar untuk memastikan keselamatan penggunaan jalan raya di seluruh dunia.

“Banyaknya kecelakaan lalu-lintas merupakan pandemi terburuk yang sering terjadi di masyarakat, tak jauh bedanya dengan malaria, TBC, HIV/Aids atau Ebola. Kesemuanya telah kami telaah secara rinci, walau kami tidak memiliki solusi untuk semua masalah lalu-lintas tersebut.

“Dalam kaitannya dengan mengurangi kecelakaan lalu-lintas, kami mengedepankan edukasi serta peran penegak hukum, dan tentunya infrastruktur pendukung – sehingga kami tahu bagaimana harus bertindak. Kami memiliki resep dasar atas apa yang harus dikerjakan, dan kami memerlukan kepemimpinan yang kuat akan hal ini.”

Kampanye ini jelas sangat melibatkan dunia F1 secara keseluruhan, yang sangat mendukung inisiatif FIA dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya road safety.

“Tentu saja, banyak anak-anak muda sekarang begitu mengidolakan pembalap favoritnya,” tambah Todt. “Jika mereka berkata: ‘jangan minum minuman keras saat berkendara’ atau ‘kenakanlah sabuk pengaman’, atau ‘jangan menggunakan ponsel saat mengemudi’ atau ‘patuhi batas kecepatan kendaraan’ – pengaruh ini sangat membantu kami dalam kampanye ini.

“Oleh karenanya kami memiliki program preventatif yang dapat berlaku di seluruh dunia, dengan duta-duta olahraga global seperti figur pembalap, pesepakbola atau bahkan seorang juara tenis.

Salah satu perwakilan kampanye keselamatan berkendara ini adalah juara dunia dua kali Formula 1 serta jawara Indy 500, Emerson Fittipaldi. Ia banyak melihat perbandingan zaman saat ia masih berlaga di F1 – yang merupakan tahun-tahun paling mematikan dalam sejarah.

“Kami dapat menggunakan beberapa contoh balapan di era 1960an dan 70an – tahun-tahun terburuk, menurut saya – sebelum kami dapat memperbaiki mobil, sirkuit, tim penyelamatan serta perlengkapan pembalap,” buka Fittipaldi. “Dalam hubungannya dengan dunia balap, kita dapat berbuat lebih banyak untuk menggalakkan kampanye keselamatan jiwa di jalan raya ini.

“Jika Anda membayangkan bagaimana faktor keselamatan dapat ditingkatkan pada masa itu, dengan meningkatkan standar keamanan di dalam sirkuit, dan bagaimana hal itu akan sangat membantu FIA dalam memperkenalkan keselamatan berkendara pada kendaraan pribadi; hal tersebut akan sangat membantu dan semua pengendara akan berperilaku lebih baik ketika berada di jalan raya.

Thinking Globally, Acting Locally

Salah satu pokok masalah yang harus disampaikan FIA adalah perlunya kampanye keselamatan berkendara yang dapat diaplikasikan di berbagai negara yang berbeda. Ada lebih dari 200 negara yang diakui oleh PBB dan ini bukanlah permasalahan yang mudah dipecahkan.

“Kami bekerjasama dengan banyak negara,” ungkap Todt. “Tentu saja, masalah-masalah yang terjadi di Prancis dan Inggris akan sangat berbeda dengan apa yang terjadi di India, Indonesia atau Vietnam.

 “Sebelumnya di Prancis, terjadi 18.000 kematian setiap tahunnya, kini ‘hanya’ 3000 kasus. Walau saya sebut ‘hanya’, tetap saja masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

“Di negara-negara berkembang, ceritanya lain lagi: jumlah kasusnya jauh lebih banyak, kurang edukasi, tidak ada penegakan hukum yang konsisten yang disebabkan oleh korupsi dan lemahnya infrastruktur. Disinilah kami memerlukan bantuan besarnya.”

Jean Todt juga lebih jauh menjelaskan bahwa FIA merupakan organisasi regulator global di bidang motorsport, namun juga sangat memperhatikan aspek keselamatan di jalan raya. Walau terbilang unik, Todt menjelaskan bahwa FIA perlu untuk memperkuat jaringan dan membentuk sinergi besar di antara kedua belah pihak.

“Semuanya memiliki pemikiran yang sama: Pentingkan edukasi atas faktor keselamatan di jalan raya ini. Road safety begitu mempengaruhi banyak penduduk di seluruh dunia.”

Sejalan dengan pemikiran, Todt, Fittipaldi pun menambahkan: “Ini merupakan masalah besar, dan banyak ruang untuk pengembangan lebih lanjut. 14 tahun dari sekarang, di tahun 2030, populasi kendaraan dunia akan berlipat ganda. Di China, sekitar 27 juta kendaraan dirakit, setiap tahunnya! Jelas ini merupakan perkembangan yang cukup serius.

“Saya rasa, dunia motorsport akan dapat sangat membantu pentingnya kesadaran akan road safety di masa depan, karena kami telah melewati banyak pengaIaman besar sebelumnya.”

Perihal keselamatan berkendara di jalan raya ini jelas merupakan pekerjaan rumah bagi kita semua, sekarang dan di masa depan. Tetapi apakah dengan berkendara dengan hati-hati sudah membuat Anda nyaman selama di perjalanan? berkendara dengan berhati-hati saja tidak cukup untuk berasa nyaman di perjalanan, Anda juga membutuhkan perlindungan selama Anda di perjalanan agar hati juga menjadi tentram dan percaya diri. Apakah Anda sudah memiliki solusinya? jika belum, Allianz memiliki solusi untuk Anda. Karena kepentingan utama kami adalah Keselamatan Anda, Allisya Protection Plus mementingkan proses Klaim yang cepat dan mudah. Tidak sekedar asuransi jiwa dan kesehatan, tapi juga melindungi Anda dari krisis finansial.

Untuk membantu kebutuhan informasi Anda tentang Asuransi Syariah, berkonsultasi gratis,

Hubungi Suhardeni 0812 8263 0856

Allianz Indonesia , Aman Di Jalan , 13 Jan 2017

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s