Sehat Tanpa Riba Dengan Asuransi Syariah

Ada-Dokter-Nggak-Bisa-Terima-Pasien-Dengan-BPJS

Posted by denjo.

Ada Dokter Nggak Bisa Terima Pasien Dengan BPJS, Ini Surat Edarannya “SEHAT TANPA RIBA”

Program pemerintah dianggap riba, makanya ada dokter yang nggak mau terima pasien. Hal tersebut diunggah akun twitter @siska dan dengan update status ‘Ini dokternya keblinger atau gimana sih?

Beberapa waktu belakangan profesi dokter yang biasanya dipandang mulia dan intelek diguncang dua berita yang kurang menyenangkan. Yakni soal oknum dokter yang intoleran dan satu lagi yang paling gres adalah dokter yang menolak pasien BPJS dengan alasan riba yang mana bertentangan dengan ajaran agama.

Menurut  pendapat saya sebagai Agen Asuransi Allianz Syariah, menanggapi hal tersebut diatas adalah sah-sah saja. Sebuah keyakinan yang dimiliki oleh seorang dokter tersebut, tetapi alangkah baiknya jika seorang dokter membantu kesembuhan pasiennya. Jika ada pendapatan dari pembayaran Asuransi Ribawi/BPJS atau dikhwatirkan terdapat sifat riba sebaiknya jangan diterima oleh dokter tersebut.

Asuransi itu halal, hanya saja proses pengembangan uang premi yang disetorkan nasabah dikelola perusahaan kemana? Jika perusahaan Asuransi mengembangkan uang nasabahnya ke Bank yang sifat nya ribawi, bisa dikatakan Asuransi tersebut mengandung riba. Berarti uang klaim yang diterima oleh nasabah ada unsur riba didalamnya dan itu ada pada Asuransi konvensional/Asuransi ribawi. Sebagai umat muslim wajib meninggalkan asuransi seperti ini.

Lalu bagaimana jika kita ingin memiliki asuransi yang tebebas dari unsur riba? Sudah ada Asuransi Syariah dari Allianz Syariah dengan produknya yang bernama “Allisya Protection Plus”. Allisya Protection Plus mempunyai karakteristik:

  • Saling tolon menolong diantara pesertanya, uang yang dihibahkan peserta bermanfaat untuk peserta lain yang mengalami musibah seperti sakit kritis, cacat dan meninggal.
  • Uang peserta dikelola secara transparan dan tidak dikembangkan pada usaha yang sifatnya ribawi seperti Bank ribawi atau usaha yang haram seperti pabrik rokok, miras, perjudian seperti asuransi konvensional.
  • Diawasi oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) dan disertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Menjadi perserta Allisya Protection Plus bukan hanya sekedar berasuransi syariah tetapi juga kita berkesempatan menolong peserta lain yang mengalami musibah dari uang yang dihibahkan dan insya allah berpahala. Uang klaim yang diterima nasabah pun terbebas dari riba karena dikelola secara tranparan dan diawasi oleh Dewan Syariah Nasional dan Majelis Ulama Indonesia.

Jika masih ada yang berpendapat bahwa asuransi syariah masih juga haram, maaf jika saya berpendapat bahwa orang tersebut tidak mengetahui Fatwa Majelis Ulama Indonesia yang menyatakan bahwa Asuransi Syariah halal dan bebas dari unsur riba. Untuk itu tidak perlu lagi adanya perdebatan bahwa asuransi syariah haram, karena sudah jelas dengan adanya fatwa MUI yang menyatakan bahwa asuransi syariah halal.

Tulisan ini hanyalah sebuah pendapat, kurang lebihnya saya pribadi memohon maaf masih dalam keadaan fakir ilmu yang masih terus menerus belajar dan menggali lebih  dalam tentang ke Islam an. Mari kita tinggalkan perdebatan yang hanya menimbulkan perpecahan dalam sebuah keyakinan. Jika tidak sependapat dengan Majelis Ulama Indonesia itu adalah hak sesorang yang tidak bisa dipaksakan atau dirubah secara keyakinan seperti cerita seorang dokter diatas.

Untuk membantu kebutuhan informasi Anda tentang Asuransi Syariah, berkonsultasi gratis,

Hubungi Suhardeni 0812 8263 0856

Dikutip dari sumber:

https://www.jelasberita.com/2017/05/25/dokter-tidak-terima-pasien-bpjs/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s