2 Pilihan Membayar diRumah Sakit

cara-pembayaran-asuransi-kesehatan_content-image

Posted by denjo

Mungkin sebagian orang yang sudah memiliki asuransi kesehatan atau belum memilik asuransi kesehatan, masih binggung dengan cara pembayaran perusahaan asuransi ke rumah sakit. Terbukti banyaknya pencarian artikel diblog allisyakita.com mengenai “Pilihan Membayar diRumah Sakit”.

Ada 2 Pilihan Membayar diRumah Sakit:

1.Cashless

Pembayaran cashless memberikan kemudahan bagi pemegang polis untuk dapat melakukan pembayaran biaya perawatan tanpa harus mengeluarkan biaya pribadi terlebih dahulu. Kecuali biaya co-share (cost sharing), biasanya perusahaan asuransi hanya membayarkan biaya perawatan sebesar 80% dan sisanya 20% dibayarkan oleh nasabah atau kata lainnya nasabah hanya membayarkan selisihnya, jika limit perawatan melampaui batasan.

Perawatan hanya bisa dilakukan dirumah sakit rekanan dari perusahaan asuransi, jika tidak ada kerja sama dengan rumah sakit seperti rumah sakit diluar negeri, maka bersiap untuk melakukan pembayaran secara tunai dan nantinya pihak perusahaan asuransi akan menggantikan biaya perawatan, jika melengkapi bukti biaya perawatan.

Pemegang polis harus selalu membawa kartu asuransi beserta identitas seperti KTP sesuai dengan nama pemegang polis dan tidak berlaku untuk digunakan oleh orang lain, pada saat melakukan perawatan. Seluruh diagnosa dari dokter akan dikirimkan oleh rumah sakit kepada pihak perusahaan asuransi dan pihak perusahaan asuransi akan membayarkan biaya perawatan anda ke rumah sakit.

2. Reimbursement

Perlu dicatat untuk proses administrasinya membutuhkan waktu, jadi anda perlu bersabar. Jika dokter rumah sakit mempersilahkan untuk pulang besok harinya, maka pagi hari anda harus mengingatkan kembali bagian administrasi untuk  memproses biayanya tanpa perlu menunggu lama. Hal ini saya ingatkan kepada seluruh nasabah saya, karena biasanya sesorang yang dirawat ingin cepat kembali berkumpul dengan keluarganya, akan tetapi administrasi rumah sakit ke perusahaan asuransi butuh proses, jadi kita harus menghormati prosesnya.

Pengajuan klaim di mana pemegang polis harus membayar biaya perawatan terlebih dahulu dan melakukan penggajuan biaya penggantian biaya kepada perusahaan asuransi.

Cek juga manfaat yang ada pada polis anda, biasanya nasabah tidak mengetahui manfaat yang ada didalam sebuah polis asuransi. Contohnya saja manfaat yang diambil adalah uang santunan perawatan dirumah sakit sebesar Rp. 1 Juta/hari. Uang santunan rawat inap sebesar Rp.1juta/perhari sudah meliputi semua, yaitu: biaya kunjungan dokter umum, dokter spesialis, aneka jenis perwatan (obat-abatan dsb), tindakan operasi. Cukup tidak cukup perusahaan asuransi hanya membayarkan perawatan Rp.1juta/hari, sisanya lagi anda harus nombok. Disinilah banyak kekeliuran oleh nasabah, karena tidak memahami manfaat isi polis.  Terkecuali nasabah ikut program asuransi kesehatan dengan manfaat rawat inap yang membayarkan sesuai tagihan sampai dengan Rp.6Miliar, seperti produk Smart Med Premier dari Allianz.

Pembayaran dengan cara ini, dilakukan apabila kita melakukan perawatan kesehatan diluar rumah sakit rekanan seperti RSUD dan rumah sakit luar negeri. Atau tidak memiliki kartu cashless.

Saat pengajuan klaim, pemegang polis harus melampirkan formulir pengajuan klaim reimbursement, bukti pembayaran dari rumah sakit atau klinik dan juga dokumen penunjang, seperti hasil laboratorium, hasil rontgen, salinan resep dan juga hasil rujukan.

Demikian yang dapat saya informasikan, mengenai 2 pilihan cara pembayaran dirumah sakit. Segala pilihan tersebut ada ditangan anda. Saya selaku agen asuransi jiwa dan kesehatan Allianz yang menjadi kepercayaan anda, hanya mengikuti program asuransi jiwa dan kesehatan sesuai kebutuhan dan manfaat yang anda butuhkan. Semua itu karena kebutuhan anda dan bukan kebutuhan saya. Selamat berasuransi!

Terima kasih.

Untuk membantu kebutuhan informasi Anda tentang Asuransi Syariah, berkonsultasi gratis,

Hubungi Suhardeni 0812 8263 0856

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s