Laporan Investasi Allisya Rupiah Equity Fund

Posted by denjo

Banyak pihak masih mempunyai pemahaman yang keliru terkait produk asuransi syariah. Pada dasarnya, prinsip asuransi syariah berdasar pada hukum Islam, oleh karena itu produk asuransi syariah tidak menginvestasikan dananya dalam bisnis yang mengandung riba (berbunga) dan hal lain yang diharamkan atau dihindari dalam Islam seperti alkohol, rokok, insitusi keuangan konvensional dan bisnis lainnya yang masuk kategori non halal.

Apakah Asuransi syariah bisa diterapkan pada asuransi jiwa unit link? Tentu saja Asuransi Syariah dapat diterapkan pada Asuransi jiwa unit link. Namun yang harus dipastikan adalah instrumen investasi yang digunakan harus sesuai dengan prinsip Syariah. Seperti deposito Syariah, reksadana Syariah, obligasi Syariah (sukuk), maupun saham Syariah.

Reksadana Syariah, obligasi Syariah (sukuk), maupun saham Syariah dapat di temukan pada Pasar modal Syariah. Pasar modal Syariah memiliki ciri khas tersendiri yaitu produk dan mekanisme transaksi tidak boleh bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah. Pasar modal Syariah harus bebas dari transaksi-transaksi yang tidak beretika dan bermoral seperti insider trading atau short selling. Selain itu, emiten atau perusahaan yang menerbitkan saham haruslah emiten yang kegiatan usahanya tidak bertentangan dengan prinsip Syariah seperti lembaga keuangan konvensional (ribawi), usaha perjudian, makanan dan minuman yang diharamkan, serta usaha/ jasa yang dapat merusak moral dan bersifat mudharat (tidak bermanfaat).

Selain itu, asuransi syariah juga tidak bertransaksi dan berinvestasi pada instrumen yang tidak jelas akadnya (gharar), spekulatif dan memiliki potensi merugikan salah satu pihak. Asuransi syariah memastikan bahwa tidak ada kesepakatan yang sifatnya spekulatif dan tidak jelas akadnya seperti mengasuransikan barang dengan bergantung pada kejadian yang belum bisa dipastikan.

Banyak dari kita yang masih meragukan kinerja fund dari pasar modal syariah. Namun produk pasar modal syariah memiliki kecenderungan kinerja fund yang lebih stabil terutama pada saat kondisi ekonomi cenderung turun. Hal ini dikarenakan pada saat kondisi perekonomian sedang bergejolak, sektor perbankan yang langsung terkena dampaknya, sedangkan sektor perbankan tentunya tidak masuk dalam kategori saham syariah karena faktor riba. Dengan kondisi seperti ini tentunya asuransi jiwa unit link Syariah bisa dijadikan sebagai solusi investasi keuangan jangka panjang anda.

Kadang sering muncul pertanyaan dan kekhawatiran bahwa apakah benar fund pada investasi syariah benar-benar seusai dengan aturah syariah.

Fund pada investasi syariah tentu berbeda dengan fund pada investasi konvensional. Pada investasi syariah, komponsisi dari fund yang ditawarkan harus sesuai dengan aturan syariah, yaitu tidak mengandung:

  1. Maysir atau tidak boleh ada unsur judi
  2. Gharar atau tidak boleh ada unsur ketidakpastian
  3. Tidak boleh mengandung barang-barang yang diharamkan oleh Islam
  4. Riba atau menggandakan keuntungan
  5. Batil atau yang mengandung unsur tidak baik seperti rokok.

Selain kelima unsur tersebut, perushaan yang secara bisnis dapat dikatakan sesuai dengan kaidah syariah harus memiliki porsi pendapatan bunga serta utang tertentu sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh OJK dan Dewan Pengawas Syariah.

Beberapa contoh jenis perusahaan yang tidak sesuai dengan prinsip syariah adalah:

  • Bank (Riba)
  • Perusahaan rokok (Batil)
  • Perusahaan minuman beralkohol & tempat perjudian (Haram)

Sedangkan perusahaan yang secara bisnis berpotensi untuk dikategorikan sesuai dengan syariah antara lain:

  • Pertambangan
  • Konstruksi
  • Perdagangan
  • Barang Konsumsi
  • Jasa
  • Pertanian

Dengan aturan ini, maka fund investasi syariah bisa dipastikan sesuai dengan aturan syariah, dan diawasi penuh oleh OJK dan Dewan Pengawas Syariah.

Jadi tidak perlu khawatir untuk berinvestasi syariah ya.

Untuk membantu kebutuhan informasi Anda tentang Asuransi Syariah, berkonsultasi gratis,

Hubungi Suhardeni 0812 8263 0856

Sumber http://www.allianz.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s