Asuransi Pendidikan vs Tabungan Pendidikan

keren keluarga

Posted by denjo.

Mendapatkan pendidikan yang layak adalah hak semua orang, mendapatkan pendidikan yang layak kita berharap mendapatkan kehidupan yang layak pula. Permasalahan serius yang saat ini terjadi adalah mahalnya biaya pendidikan yang dari tahun ke tahun yang terus menaik karena nilai inflasi. Contohnya saja dahulu dengan uang senilai Rp.10 Juta sudah dapat mendaftarkan diri ke perguruan tinggi (Universitas), tetapi saat ini dengan uang tersebut mungkin hanya dapat mendaftarkan diri ke TK (Taman Kanak Kanak). Sungguh terlalu nilai inflasi yang saat ini terjadi terhadap biaya pendidikan dan dapat menyebabkan gagalnya putra-putri kita untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Sebagai Orang tua sudah seharusnya peka terhadap perubahan nilai inflasi tersebut demi mewujudkan pendidikan yang layak sesuai bakat dan minat putra-putri kita, bukan karena menyesuaikan uang yang kita miliki atau kata lainnya “yang penting sekolah” dan pada akhirnya sia-sia. Banyak cara yang dilakukan orang tua untuk mewujudkan pendidikan yang layak untuk putra-putrinya, diantaranya yaitu dengan cara menabung dalam bentuk asset (tanah/properti) seperti yang dilakukan orang tua kita dahulu. Jika ada keperluan untuk biaya pendidikan barulah menjual asset tersebut, pada akhirnya orang tua ngontrak rumah demi sekolah anaknya. Dengan harapan sang anak sukses dan dapat membelikan rumah untuk orang tuanya.

Tabungan Pendidikan Dalam Bentuk Asset

Cara Menabung dalam bentuk asset seperti tanah/properti adalah hal yang menguntungkan, karena semakin lama nilai asset tersebut semakin bertambah dan sangat cocok jika nantinya berguna untuk  pendidikan putra-putri kita. Kendalanya properti disaat ini mahal dan kita belum tentu sanggup untuk membelinya, KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) atau pinjaman Bank menjadi solusi sementara dan pada akhirnya hidup ini dipenuhi dengan cicilan bukan tabungan.

Asuransi Pendidikan

Saya jadi binggung mengapa ada program asuransi pendidikan? Bukankah asuransi itu adalah proteksi atau perlindungan? Pendidikan bukanlah musibah jadi mengapa diasuransikan? Karena asuransi sendiri-seperti terdapat pada definisi di Undang-Undang dimaksudkan untuk memberikan proteksi atau perlindungan atas hal-hal (kerugian) yang bersifat tidak tentu, sehingga apabila tujuannya untuk pendidikan (yang jelas-jelas kita sudah tahu kapan dan dapat memproyeksikan kebutuhannya seberapa besar), produk ini akan menjadi tidak relevan.

Investasi Logam Mulia

Karena dana pendidikan merupakan sesuatu yang pasti, bisa kita prediksi nominal yang dibutuhkan nantinya serta dapat kita tentukan jangka waktunya, maka yang paling bijak untuk mempersiapkan dana pendidikan anak adalah berinvestasi dalam bentuk emas (logam mulia). Emas mudah dicairkan, emas mudah digadaikan dan harga nilai emas 10 tahun s/d 20 tahun nilainya terus meningkat, seandainya pun turun tidak terlalu tajam.

Asuransi Sipencari Nafkah

Lalu apa yang harus kita lakukan setelah berinvestasi dalam bentuk logam mulia? Sebagai orang tua (pencari nafkah) juga harus memiliki proteksi/asuransi agar tujuan pendidikan putra-putri anda terpenuhi. Apa hubungannya Asuransi sipencari nafkah dengan pendidikan putra-putrinya? Secara tidak disadari banyak orang yang telah merencanakan biaya pendidikan untuk putra-putrinya gagal, mengapa hal ini terjadi? Karena si pencari nafkah adalah penopang hidup dari segala biaya rumah tangga dan memiliki resiko hidup yang besar pula seperti sakit krtis, cacat total tetap, tua dan meninggal. Jangan sampai biaya rumah tangga tersebut menimpa putra-putri anda akibat resiko hidup seperti diatas. Sehingga tabungan atau investasi yang tadinya bertujuan untuk biaya pendidikan terpakai untuk biaya hidup rumah tangga akibat sipencari nafkah tidak mampu lagi bekerja akibat sakit kritis ataupun meninggal dunia. Kalalupun si pencari nafkah telah tiada uang pertanggungan jiwa (warisan) dapat berguna untuk tujuan pendidikan.

Kesimpulan

Agar tujuan pendidikan putra-putri anda tetap tercapai tanpa dipengaruhi oleh resiko hidup seperti sakit kritis, kecelakaan, cacat total tetap dan tua, carilah tabungan yang sekaligus dapat memproteksi keuangan anda, sehingga tujuan pendidikan putra-putri anda tetap tercapai.

Untuk membantu kebutuhan informasi Anda tentang Asuransi Syariah, berkonsultasi gratis,

Hubungi Suhardeni 0812 8263 0856

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s