Penting Mengajukan Asuransi Sebelum Pre Existing

underwriting

Posted by denjo

Kemarin pagi saya mendapatkan berita dari calon nasabah, bahwa Surat Permohonan  Asuransi Kesehatan yang diajukannya mengalami  Pre Existing pengecualian permanen untuk segala perawatan dan atau pengobatan yang diakibatkan oleh Kelebihan Berat Badan (Overweight).  Calon nasabah mengatakan kekecewaannya, untuk apa berasuransi kalau memang tidak dapat mengcover sesuatu yang penting. Apa yang dirasakan nasabah saya pun merasakannya, kecewa karena tidak bisa menolong orang lain untuk memiliki sebuah polis asuransi.

Pre-Existing Condition (Keadaan Yang Sudah Ada Sebelumnya) merupakan istilah yang terdapat di dalam polis Asuransi Kesehatan. Arti dari Pre-Existing Condition yaitu segala jenis penyakit, kondisi atau cedera baik yang tanda atau gejalanya diketahui ataupun tidak, baik telah mendapatkan perawatan/pengobatan/saran/konsultasi dari Dokter ataupun tidak, baik telah didiagnosis ataupun tidak sebelum tanggal penerbitan Polis.

Kesadaran berasuransi sangat penting dimiliki seseorang, tetapi mengapa banyak orang yang tersadar arti pentingngnya sebuah asuransi  ketika mengalami suatu kondisi  penyakit tertentu. Mengapa banyak orang membeli payung atau jas hujan disaat musim hujan datang? Karena payung hanya digunakan saat hujan datang. Begitupun juga dengan asuransi disaat sehat tidak bisa dirasakan manfaat nya tetapi baru dirasakan ketika mengalami sakit.

Apakah sesorang yang pernah mengalami sakit masih bisa memiliki polis asuransi?

Tentunya semua orang masih bisa mengajukan surat permohonan asuransi baik jiwa ataupun kesehatan walaupun pernah mengalami sakit. Seorang agen asuransi tidak dapat menyetujui sebuah polis asuransi, yang menyetujui adalah pihak underwriting.

Sebenarnya apa sih Underwriting itu ?
Underwriting dalam sebuah company asuransi adalah sebuah divisi yang menyeleksi dari pengajuan seorang calon nasabah hingga menjadi polis. Orang yang yang berada pada divisi ini disebut Underwriter.

Mengapa harus ada Underwriting?
Perusahaan asuransi didirikan tentunya dengan orientasi sama dengan perusahaan keuangan lainnya. Yaitu berharap mendapat keuntungan. Karena lingkup perusahaan asuransi adalah merupakan pelimpahan resiko, tentunya mereka punya perhitungan agar perusahaan tidak rugi. Oleh karena itu dibutuhkan proses seleksi. Sekalipun sepertinya masyarakat enggan memiliki asuransi. Pada kenyataannya tidak setiap orang bisa diterima menjadi Tertanggung. Proses seleksinya meliputi seleksi fisik dan seleksi finansial. Seleksi fisik artinya bila seorang mempunya kelainan atau penyakit yang sudah ada, maka Underwriting berhak menolak orang tersebut menjadi nasabah.

Underwriting bisa menunda dalam jangka waktu tertentu. Misalnya enam bulan ke depan. Tujuannya agar nasabah bisa melakukan perawatan dan pengobatan dari dokter ahli atau spesialis. Atau juga bisa memutuskan menerima dengan tambahan extra premi. Artinya premi yang dibayar lebih mahal daripada premi standar yang dibayar oleh mereka yang mempunyai kesehatan standar. Keputusan ini dengan perhitungan bahwa Tertanggung mempunyai rasio klaim lebih besar dibanding nasabah yang standar. Dan keputusan yang terberat adalah menolak, dan premi calon nasabah dikembalikan utuh. Keputusan ini diambil bila secara perhitungan underwriting sudah jalan buntu. Tidak ada re asuransi yang mau menerima. Dalam kondisi seperti calon nasabah juga akan kesulitan masuk di perusahaan asuransi  lain.

Kesimpulan

Segera ajukan polis asuransi jiwa dan kesehatan selagi anda sehat dengan premi yang murah dan terjangkau, banyak orang-orang diluar sana yang mencari asuransi jiwa dan kesehatan tapi sayangnya semua sudah terlambat. Semua orang ingin sembuh dari sakit walaupun harus rela membayar biaya mahal , sampai menjual harta mereka demi untuk kembali sehat. Sudah siapkah anda menghadapi kenyataan hidup!!!

Untuk membantu kebutuhan informasi Anda tentang Asuransi Syariah, berkonsultasi gratis

Hubungi Suhardeni 0812 8263 0856

Sebagian tulisan diambil dari sumber:

http://www.headquartersfinancial.com/index.php/artikel/seputar-profesi/127-underwriting-musuh-kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s