Tips Memilih Perusahaan Asuransi

15894989_10211219603947287_7354460571114896816_n

Posted by denjo.Kesadaran asuransi anda sudah mulai terbentuk, tetapi masih binggung dalam menentukan pilihan perusahaan asuransi mana yang bagus, baik dari segi produknya,pelayanan ,kemudahan cara claim dan kemampuan perusahaan asuransi untuk membayar claim anda. Banyak sekali  perusahaan asuransi yang ada di Indonesia, dan anda sebagai calon nasabah tentunya tidak ingin salah pilih perusahaan asuransi, harus benar benar cerdas dalam menentukan sebuah pilihan karena sifat asuransi adalah jangka panjang (long term), bukan hanya sesaat . Mari kita simak beberapa tips dalam memilih perusahaan asuransi agar anda tidak salah pilih perusahaan asuransi.

 Tips dalam memilih perusahaan asuransi:

  1. Risk Based Capital (RBC)

Risk Based Capital atau rasio solvabilitas (RBC) adalah hal uang sangat terpenting, khususnya berkaitan dengan pengukuran kesehatan finansial perusahaan asuransi. Secara umum, rasio solvabilitas adalah pengukuran tingkat keamanan finansial atau kesehatan suatu perusahaan asuransi. Semakin besar rasio solvabilitas sebuah perusahaan asuransi, semakin sehat kondisi finansial perusahaan tersebut.

Rasio solvabilitas suatu perusahaan asuransi pada dasarnya adalah rasio dari nilai kekayaan bersih atau “net worth” perusahaan, yang dihitung berdasarkan peraturan akuntansi standar, dibagi dengan nilai kekayaan bersih, yang dihitung kembali dengan mengikutsertakan risiko pemburukan yang mungkin terjadi.

Pengikutsertaan risiko pemburukan yang mungkin terjadi tersebut merefleksikan adanya ketidakpastian yang dihadapi oleh perusahaan dalam aktivitas sehari-harinya, misalnya kemungkinan jatuhnya nilai aset secara jangka pendek akibat investasi pada instrumen yang lebih berisiko. Demikian pula kemungkinan naiknya tingkat hutang akibat perkembangan yang tidak menguntungkan di masa depan seperti tingkat suku bunga, tingkat kematian, tingkat putus kontrak, dan lain sebagainya.

Nilai kekayaan bersih yang kedua, sebagai penyebut dari rasio tersebut, sebenarnya merupakan besaran yang semula disebut sebagai Risk Based Capital, karena berupakan besaran nilai kekayaan bersih, atau Capital, yang dihitung secara Risk Based.

Perusahaan asuransi di Indonesia harus melaporkan rasio solvabilitas mereka ke Pemerintah secara kuartalan, dan ketentuan minimum yang ada sekarang bagi rasio tersebut adalah 120%, satu peningkatan sejak ketentuan minimum rasio tersebut dikenalkan sebesar 15% di tahun 1999.

  1. Memilih Allianz sebagai perusahaan asuransi terbaik didunia bukan hanya diIndonesia.

Allianz Indonesia secara cukup jauh melampaui ketentuan minimum Pemerintah sebesar 120%. Saat ini rasio solvabilitas Allianz Life 455% dan Allianz Utama 143% per akhir 2014. Dan perusahaan memiliki komitmen untuk meningkatkan lebih jauh lagi selisih antara rasio solvabilitas perusahaan dengan ketentuan minimum Pemerintah bagi kepentingan keamanan nasabah.

Kesuksesan bisnis di bidang asuransi, manajemen aset dan layanan bantuan didasarkan permintaan nasabah atas solusi keuangan yang tahan krisis untuk masyarakat yang menua dan tantangan dari perubahan iklim. Transparansi dan integritas merupakan komponen kunci dari tatakelola yang berkelanjutan di Allianz.

  1. Rumah Sakit dan Klinik Jaringan Allianz tersebar di Indonesia dan Internasional

Nasabah dapat menggunakan Kartu Peserta untuk mendapat perawatan tanpa harus mengeluarkan biaya apapun di Rumah Sakit atau Klinik Jaringan Allianz.

  1. Klaim asuransi harus cepat dan mudah.

Kini melakukan klaim Asuransi kehatan semakin mudah dan cepat melalui aplikasi Allianz eAZy Claim. Allianz eAZy Claim merupakan aplikasi smartphone yang pertama kali dapat membantu klaim Anda secara online, dimanapun, kapanpun. Allianz eAZy Claim adalah aplikasi yang dapat diunduh ke sistim Android dan iPhone secara GRATIS.

Keunggulan

Melalui smartphone Anda hanya dengan mengirimkan gambar tagihan, kapan dan dimana saja, tidak perlu repot. Peta interaktif untuk memudahkan Anda mencari  daftar rumah sakit. Cek status Klaim Anda dan memudahkan Anda untuk melacak riwayat klaim Anda, kapan saja dan dimana saja.

Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam memilih sebuah perusahaan asuransi yang tepat, bersama Allianz klaim asuransi anda semakin mudah.

Untuk membantu kebutuhan informasi Anda tentang Asuransi Syariah, berkonsultasi gratis

Hubungi Suhardeni 0812 8263 0856

sumber: http://www.allianz.co.id/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s