Tips Menabung Ditengah Naiknya Kebutuhan

menabung

Naiknya harga kebutuhan pokok,bensin, pajak kendaraan dan lain sebagainya, yang tidak di iringi dengan naiknya tingkat pendapatan sesoeorang membuat hidup terasa sulit disaat ekonomi seperti saat ini. Sehingga membuat sesorang terpaksa menutup polis asuransi/proteksi yang dimilikinya, hal itu hampir terjadi oleh nasabah saya yang kesehariannya bekerja sebagai pengemudi ojek on line.

Bagaimana solusinya?

Sebagai penasehat keuangan keluarga yang saya lakukan hanyalah mendengarkan alasan mengapa  hal yang menyebabkan nasabah ingin menutup manfaat polis asuransi ? Alasan tersebut antara lain baru memulai hidup baru dengan mengontrak sebuah rumah petakan dan cicilan motor baru karena motor yang lama sudah tidak layak untuk opersional sehari-hari, sehingga tidak ada lagi dana lebih untuk membayar premi  asuransi.

Membuka pola pikir dari sudut pandang proteksi.

Hidup ini penuh dengan resiko dan kita tidak akan pernah tahu kapan resiko itu datang, tugas kita hanyalah berusaha meminimalkan resiko dengan cara memproteksi diri dengan asuransi. Bekerja dilapangan atau diluar kantor memiliki resiko yang begitu besar seperti rawannya kecelakaan, sakit akibat kelelahan dalam bekerja, seandainya saja resiko hidup itu terjadi seperti sakit dan harus dirawat inap dirumah sakit disaat kita tidak memiliki proteksi  apa yang terjadi? Mungkin untuk membayar rumah sakit harus melakukan pinjaman ataupun mengharapkan sumbangan, ditambah lagi dana yang sudah disiapkan untuk membayar  cicilan bulanan rumah kontrakan dan juga cicilan motor ter pakai untuk membayar biaya rumah sakit dan pada akhirnya semua manfaat hilang akibat tutupnya sebuah  manfaat polis asuransi. Jika dalam keadaan normal saja sudah sulit untuk menabung, apalagi kalau harus mengisi kembali tabungan yang terpakai untuk keperluan yang tidak direncanakan? Mungkin beberapa kiat menabung berikut dapat membantu:

Atur Transaksi Berkala
Pernah dengar ungkapan, “bayarlah diri Anda terlebih dulu?” Ini trik terbaik untuk memulai kebiasaan menabung. Biasanya kita sudah membuat pembayaran otomatis untuk tagihan bulanan kita, mari gunakan logika yang sama untuk menabung. Anggaplah tabungan seperti tagihan lainnya yang harus “dibayarkan” setiap bulannya. Buatlah akun terpisah untuk dana darurat (ketika kendaraan rusak, atau dirawat di rumah sakit), pensiun, dan untuk hal yang lebih menyenangkan seperti liburan. Membuat kegiatan menabung menjadi sesuatu yang otomatis  akan merubah cara pandang kita mengenai menabung dari menyisakan uang menjadi menyisihkan uang.

Kumpulkan Uang Receh
Pernahkah Anda mengumpulkan uang receh di dalam sebuah wadah hingga penuh? Jika wadahnya cukup besar dan uang receh yang dikumpulkan adalah nominal yang cukup besar kemungkinan hasil yang diperolah juga lumayan. Mari mulai kembali hal ini atau lanjutkan jika memang sudah dijalankan dengan secara berkala mengosongkan uang receh dari dompet kita secara berkala. Hal yang dapat dilakukan secara berbeda adalah, tentukan tujuan penggunaan dari uang yang dikumpulkan dalam wadah tersebut sehingga dapat memotivasi untuk segera mengisi wadah tersebut hingga penuh.

Lupakan Kenaikan Gaji
Gaji naik? Selamat! Sebelum mulai menghabiskan rejeki nomplok ini, tingkatkan transfer otomatis ke rekening tabungan untuk menyesuaikan dengan kenaikan gaji. Buatlah porsi tabungan sebagai persentase dari gaji, sehingga besarnya tabungan akan terus tumbuh seiring dengan kenaikan gaji. Daripada menghabiskan tambahan gaji Anda, alokasikan ke sesuatu yang penting bagi Anda, seperti tabungan pensiun, liburan, atau hal lainnya.

Lanjutkan Kebiasaan
Setelah menyicil selama tiga tahun akhirnya kendaraan lunas juga. Tahan godaan untuk menghabiskan uang “tambahan” yang ada, anggap pembayaran itu masih ada namun alokasikan untuk diri sendiri sebagai gantinya. Alokasikan sebagai transfer otomatis ke dalam rekening khusus . Dengan komitmen yang kuat, bisa saja mobil berikutnya dapat terbeli dengan tunai dari hasil alokasi yang telah terkumpul.

Kesimpulan
Menabung tidak harus sulit dimulai dari kesadaran diri sendiri. Dengan trik tersebut, menabung dapat jadi kegiatan yang menyenangkan dan menjadi bagian dari rutinitas biasa. dan Pada akhirnya dapat  membantu mencapai tujuan tabungan lebih cepat dari yang Anda akan pikirkan dan juga polis akan tetap aktif apabila resiko hidup seperti sakit menimpa kita, tanpa mengganggu pendapatan yang kita miliki. Selamat mencoba.

– See more at: http://investment.allianz.co.id/investment/investment-article/trik-menabung_70908_1#sthash.RjVO3Q9i.dpuf

Untuk membantu kebutuhan informasi Anda tentang Asuransi Syariah, berkonsultasi gratis

Hubungi Suhardeni 0812 8263 0856

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s