5 Tips Mengelola Keuangan

gaji

Gaji sepuluh koma, tanggal sepuluh sudah koma. Itu adalah anekdot yang sering terdengar antara karyawan. Jadi apakah jika gajinya sudah menginjak angka sepuluh juta nasib sepuluh koma tidak akan menimpa? Belum tentu juga.  Apa Sebenarnya yang membuat kondisi ini sering dialami para karyawan? Kadang kita juga bertanya ketika melihat layar ATM saat menarik tunai, “ke mana perginya uangku?” kondisi ini dapat terjadi kepada siapapun ketika kita tidak melakukan penganggaran.

Apa itu penganggaran? Pada dasarnya adalah memastikan uang yang dibelanjakan lebih kecil daripada pendapatan yang diterima, sehingga Anda dapat merencanakan kebutuhan jangka pendek dan panjang. Sayangnya, banyak orang berpikir anggaran sebagai sesuatu yang membelenggu diri mereka sendiri dan mereka memperlakukannya layaknya diet keras yang tidak ingin makan apapun sama sekali. Namun layaknya diet yang sehat yang sekedar mengatur besarnya asupan yang dibutuhkan, penganggaran hanyalah sebuah program untuk mengatur besarnya uang yang dibelanjakan.

Sukses membuat dan menerapkan anggaran adalah awal dari kesuksesan finansial. Ini tidak sulit untuk dilakukan, dan itu bukan hanya untuk orang-orang dengan dana terbatas. Penganggaran akan memudahkan orang dengan pendapatan dan pengeluaran berapapun untuk membuat keputusan secara sadar sesuai dengan alokasi uang yang mereka inginkan. Ini juga dapat membantu orang menabung untuk pensiun, keadaan darurat, membeli kendaraan baru, atau hal lainnya.
Memiliki anggaran yang diterapkan dengan konsisten, akan membuat kita mengetahui berapa banyak uang yang dimiliki dan tahu persis ke mana uang dibelanjakan sehingga kita lebih tenang ketika melihat saldo tabungan. Agar pembelanjaan sesuai dengan anggaran, kita butuh melakukan pencatatan. Berikut adalah beberapa tips untuk memiliki pencatatan keuangan:

  1. Catat semua pengeluaran, termasuk yang kecil.
    Sangat mudah untuk mengingat berapa banyak pengeluaran untuk biaya yang besar seperti biaya sewa atau cicilan utang, tetapi untuk biaya rutin lainnya sebaiknya Anda menyimpan struk transaksi agar tetap terpantau. Jika mengumpulkan struk belanja merepotkan, Anda dapat melakukan transaksi menggunakan kartu kredit sehingga seluruh pencatatan terkumpul dalam satu dokumen tagihan.
  2. Lakukan secara harian
    Setiap harinya pasti ada beberapa transaksi yang Anda lakukan. Dengan langsung mencatat pengeluaran secara harian, Anda tidak akan memiliki tumpukan struk yang belum tercatat selama berhari-hari. Metode ini juga akan memastikan transaksi yang mungkin terlewatkan menjadi minimal.
  3. Gunakan deskripsi yang rinci
    Tulis pengeluaran Anda berdasarkan nama barang atau kategori barang yang dibeli dibandingkan tempat Anda membelinya mereka sehingga akan diketahui berapa banyak yang telah Anda habiskan untuk suatu barang atau kategori.
  4. Anggarkan biaya tetap dan biaya variabel
    Biaya tetap antara lain termasuk biaya sewa yang jumlahnya tetap untuk setiap periode pembayaran, sedangkan biaya variabel adalah hal-hal seperti biaya listrik, air dan biya lainnya yang tergantung besarnya pemakaian.
  5. Sisihkan untuk biaya insidentil
    Ada beberapa pengeluaran yang terjadi pada waktu tertentu seperti hadiah,kunjungan dokter, ataupun pengeluaran yang bersifat darurat. Jika Anda memiliki cukup ruang dalam anggaran, Anda dapat menyisihkan untuk hal ini untuk berjaga – jaga. Jika Anda memiliki anggaran yang ketat, biaya insidentil dapat ditutupi dengan memiliki tabungan untuk dana darurat yang cukup.
    Semoga dengan lima langkah tersebut Anda dapat mulai membuat anggaran serta pencatatan yang memungkinkan Anda mengetahui ke mana perginya uang Anda. Selamat mencoba!

 

– See more at: http://investment.allianz.co.id/investment/investment-article/ke-mana-perginya-uangku_67725_1#sthash.I7w1ixth.dpuf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s