Awal Tepat Untuk Meninjau Polis Anda

tinjau

Asuransi merupakan fondasi dari rencana keuangan yang perlu dirancang dengan baik, tapi banyak orang tidak suka berbicara tentang hal ini karena berkaitan dengan sakit, kecelakaan atau kematian. Namun, kondisi tertentu harus menjadi pemicu untuk membahas hal ini untuk memastikan bahwa perlindungan yang dimiliki sudah sesuai dengan kebutuhan. Meskipun belum tentu ada satu waktu yang tepat untuk memulai pembicaraan ini. Beberapa peristiwa kehidupan tertentu secara alami dapat memicu diskusi ini, antara lain

Perubahan status bisa menjadi waktu yang sangat baik untuk meninjau cakupan polis asuransi yang telah dimiliki. Setidaknya, penerima manfaat perlu diperbarui sehingga pasangan baru dapat dijadikan sebagai penerima manfaat utama, dan penerima manfaat utama sebelumnya dapat ditempatkan dalam status cadangan atau ditiadakan sama sekali. Mereka yang sedang dalam proses bercerai tentu harus menghapus mantan pasangan sebagai penerima manfaat, kecuali hasil keputusan sidang secara hukum membatasi hak untuk menggantinya.

Bertambahnya tanggungan baru melalui kelahiran, adopsi, atau pernikahan juga akan merubah kebutuhan perlindungan. Mungkin perlu menambahkan manfaat tambahan (rider) yang sesuai untuk setiap anak yang baru atau bahkan permohonan peningkatan uang pertanggungan dalam beberapa kasus. Biasanya asuransi kumpulan yang diberikan oleh perusahaan kepada keryawannya akan langsung menyesuaikan perlindungan yang diberikan sesuai dengan kondisi dan ketentuan yang berlaku.

Kecelakaan serius atau kehilangan seseorang yang dekat merupakan saat yang sangat sensitif, namun sangat relevan untuk meninjau kembali polis asuransi. Bagi agen asuransi yang ingin mendampingi klien pada saat seperti ini, peninjauan polis harus dilakukan dengan sangat hati-hati dengan mengedepankan kepekaan terhadap kondisi sulit yang tengah dialami klien.

Perubahan pendapatan  yang signifikan baik pertambahan ataupun pengurangan juga bisa berdampak terhadap kecukupan uang pertanggungan. Jika saat ini jumlah uang pertanggungan bernilai lima kali gaji tahunan, manfaat kematian mereka harus ditingkatkan secara proporsional ketika dipromosikan dan penghasilan naik berlipatganda. Mereka yang pendapatannya turun secara signifikan tidak akan membutuhkan pertanggungan sebesar jumlah saat ini. Jika hal ini terjadi dan jenis polis yang dimiliki ada nilai tunai, maka ini waktu yang tepat untuk merestrukturisasi alokasi premi – nilai tuni untuk memberikan manfaat kematian yang lebih rendah dan membangun nilai tunai yang lebih besar sehingga akumulasi nilai tunai dapat dimaksimalkan.

Jumlah utang yang besar juga membutuhkan penyesuaian perlindungan, terutama ketika mengambil hipotek baru. Perlu dipastikan hipotek yang baru saja diambil sudah termasuk asuransi kredit, karena biasanya asuransi kredit sudah termasuk dalam biaya yang dibayarkan pada saat pembuatan kontrak hipotek. Bagi yang tidak memiliki keterbatasan medis untuk menambah pertanggungan asuransi jiwa, maka akan lebih baik menyesuaikan besaran pertanggungan dengan kredit yang akan diambil. Karena premi yang dibayarkan relatif lebih murah dibandingkan dengan asuransi kredit.

Berbicara tentang asuransi tidak selalu mudah. Namun, itu adalah elemen penting dalam perencanaan keuangan. Perlindungan jiwa, kesehatan dan kecelakaan bukan hanya soal memiliki polis, tapi memastikan perlindungan yang terkandung dalam polis tersebut telah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kehidupan yang aktual.

Baca juga

Malas membaca isi polis bisa jadi masalah

Berapa lama saya harus membayar asuransi

Untuk membantu kebutuhan informasi Anda tentang Asuransi Syariah, berkonsultasi gratis

Hubungi Suhardeni 0812 8263 0856

– See more at: http://investment.allianz.co.id/investment/investment-article/review-polis_65292_1#sthash.kZLVgduh.dpuf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s