Mengapa membeli asuransi syariah

infografik-mengapa-memilih-asuransi-syariah_1_1

Posted by denjo

Saat ini banyak skali produk asuransi yang ditawarkan kepada masyarakat dengan manfaat yang beranekaragam dari asuransi tradisional, asuransi konvensional maupun asuransi syariah. Semakin banyaknya edukasi melalui artikel asuransi media masa maupun media on line, asuransi syariah menjadi produk asuransi yang paling banyak diminati masyarakat. Ragam Asuransi syariah juga semakin banyak dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Mulai dari produk asuransi jiwa, Asuransi kesehatan sampai dengan Asuransi kerugian.

Melalui asuransi syariah , kita tidak hanya memberikan perlindungan terhadap  diri sendiri maupun orang yang kita cintai, tetapi juga memberiakan manfaat untuk berbagi terhadap sesama. Apa saja keunggulan asuransi syariah dan mengapa asuransi syariah menjadi salah satu yang direkomendasikan, simak ulasan berikut :

  • Tidak ada riba ( bunga )

Produk asuransi syariah tidak menginvestasikan dananya dalam bisnis yang mengandung riba lembaga keuangan konvensional (Bank konvensional ) dan bisnis lainnya yang masuk kategori non halal (Perusahann rokok & miras)

  • Akad Wakalah bil ujrah

Karena usaha saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan tabarru (dana  kebajikan) untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah.

Akad pemberian kewenangan oleh pemegang polis kepada pihak perusahaan asuransi untuk mengelola dan menginvestasikan sejumlah dana premi dengan memberikan sejumlah ujrah sesuai dengan kesepakatan.

Tugas dan fungsi Dewan Syariah Nasional yaitu, sebagai penasehat dan pemberi saran kepada pihak management asuransi syariah. Sebagai mediator antara perusahaan asuransi dengan DSN. Melaporkan kegiatan usaha dan perkembangan lembaga keuangan yang diawasi secara rutin kepada Dewan Syariah Nasional ( DSN )

Asuransi syariah tidak hanya identik dengan spiritualitas tetapi juga nilai kemanusiaan dengan prinsip saling tolong menolong diantara pesertanya, kita dapat saling melindungi keluarga dan kerabat yang dicintai, sekaligus membantu peserta lain yang membutuhkan bantuan apabila terjadi musibah seperti, sakit kritis, cacat dan meninggal. Untuk itu asuransi syariah dapat dimiliki oleh nasabah dengan latar belakang agama apapun, bukan hanya untuk muslim.

Baca juga

Berinvestasi syariah yang sesuai kaidah

Asuransi upaya menyempurnakan ikhtiar

Berasuransi tidak mengurangi keimanan

Untuk membantu kebutuhan informasi Anda tentang Asuransi Syariah, berkonsultasi gratis

Hubungi Suhardeni 0812 8263 0856

4 pemikiran pada “Mengapa membeli asuransi syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s