Asuransi upaya menyempurnakan ikhtiar

cropped-ikhtiar.jpg

Posted by denjo

“Manusia Juga Harus Berikhtiar Sempurna”

Sebelumnya yang harus kita pahami dulu adalah apa makna asuransi itu sebenarnya. Sebab, selama ini banyak orang yang selalu salah “menangkap” makna asuransi itu. Sehingga pola pikirnya cenderung menyalahkan asuransi dan berkata seolah-olah keselamatan itu bukan bergantung pada Asuransi, ini hal keliru. Asuransi ini tidak ada hubungannya dengan keselamatan jiwa seseorang.

Agar tidak salah mengerti, sebaiknya konsep asuransi itu harus dipelajari dengan jelas, khususnya mengenai asuransi jiwa. Asuransi sebenarnya hanya sebuah perencanaan manusia untuk mengurangi resiko hidup.

Prinsipnya asuransi jiwa itu adalah sebuah upaya untuk meringankan beban seseorang yang mengalami musibah. Misalnya, apabila ada orang yang mengalami kecelakaan akan mendapatkan penggantian biaya (premi) oleh pihak asuransi. Musibah kecelakaan itu bisa menerpa siapa saja dan kapan saja. Tetapi kalau kita ikut asuransi jiwa maka rasa khawatir itu bisa dikurangi, lantaran mendapatkan biaya penggantian dari pihak asuransi. Dan hal itu bukan berarti akan menjaminkan keselamatan, melainkan dengan adanya asuransi berguna untuk meminimalkan biaya yang dikeluarkan.

Jangan Membuat Iman Kita Menjadi Dangkal

Memang tidak sedikit orang beragama yang merasa ekstrim dalam iman. Bahkan asuransi jiwa itu dihubungkan dengan keimanan kepada Allah. Orang yang ikut asuransi pun bukan berarti tidak beriman.

Asuransi adalah bagian dari usaha manusia yang diberikan oleh Allah swt. Untuk mengembangkan dirinya.  Manusia diberi oleh Allah swt sebuah kemampuan dan kapasitas untuk berpikir dan merencanakan hidupnya. Untuk itu asuransi hendaknya diterima sebagai salah satu usaha mengatur masa depan yang lebih baik.

Namun apabila asuransi dianggap sebagai suatu bukti atau indikasi tidak berimannya seseorang kepada Allah swt, maka pandangan itu terlalu berlebihan. Allah swt sendiri tidak pernah mengatakan kepada kita untuk berdiam diri dan tidak melakukan usaha apa pun juga hanya karena Allah swt telah menjamin masa depan kita. Tetapi Allah swt mendorong kita untuk bekerja, berpikir dan berusaha dengan akal yang kita miliki. Karena akal yang diberikan Allah ini harus digunakan bukan hanya didiamkan saja.Yang penting adalah bagaimana kita melibatkan Allah swt dalam semua aktivitas yang dikerjakan.

Manusia hanya berencana & Allah  swt pun yang menentukan.

Info lebih lanjut: Suhardeni 0812 8263 0856

Artikel terkait

Asuransi syariah dijamin halal

Akad kontrak asuransi syariah

Fatwa MUI tentang asuransi syariah

3 pemikiran pada “Asuransi upaya menyempurnakan ikhtiar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s