Bahagia dimasa tua, tergantung perencanaan dimasa muda

nabung

Posted by denjo

Setiap orang pasti menginginkan memasuki dan menjalani masa tua dengan gaya hidup yang sama seperti saat kita masih muda. Namun, terkadang lupa menyisihkan penghasilan untuk masa tua. Tentu kita tidak ingin mengalami kesulitan finansial saat memasuki usia tua dan akhirnya  bergantung pada keluarga dan anak-anak. Untuk mengantisipasinya, akan lebih baik jika kita segera mempersiapkan dana untuk memasuki masa pensiun yang bahagia, aman, dan sejahtera.

Menabung  merupakan proses tanpa henti, sehingga rutin dan berkomitmen dalam melakukannya sangatlah penting. Menabung di bank merupakan alternatif yang banyak dipilih, memiliki keunggulan yaitu dana bersifat likuid atau dapat diambil kapan saja disaat terjadi sesuatu yang darurat.

Namun, tentu saja tabungan memiliki kekurangan seperti dana yang dikumpulkan sangat mudah tergerus tingkat inflasi yang meningkat setiap tahun serta pajak yang dikenakan atas hasil pengembangan dananya.

Sedangkan apabila memilih berinvestasi, kita dapat memilih instrumen investasi. Apakah kita akan memilih melakukan investasi di perusahaan penyedia investasi atau berinvestasi yang dilengkapi oleh proteksi di perusahaan asuransi seperti Allisya protection plus

Keunggulan berinvestasi adalah jangka waktu dapat ditentukan sendiri dan instrumen investasi dapat disesuaikan dengan profil risiko.

Kekurangan berinvestasi adalah kita tidak dapat menentukan jumlah dana yang akan didapatkan. Pasalnya, jumlah dana sangat tergantung pada kondisi pasar ekonomi.

Kapan waktu yang terbaik untuk kita memiliki persiapan dana pensiun?

Mulailah menyiapkan dana pensiun sedini mungkin, karena semakin kita terlambat, semakin banyak uang yang harus kita siapkan. Besaran premi persiapan dana pensiun pada usia 20-an tentu berbeda dengan besaran dana premi yang perlu dibayarkan pada usia 40-an.

Oleh karena itu, usia yang paling ideal untuk mulai mempersiapkan dana pensiun adalah saat kita sudah memiliki penghasilan sendiri atau pada masa awal bekerja. Premi yang tidak terlalu besar akan memudahkan kita dalam menyiapkan dana pensiun. Harapannya, kita bisa memasuki masa pensiun dengan tenang karena sudah melindungi diri dengan persiapan dana pensiun.

Jadi apa pun pilihan kita, persiapkan masa pensiun sedini mungkin sehingga dana yang akan didapat di kemudian hari dapat memenuhi kebutuhan kita di masa pensiun.

Baca juga: Tabungan Proteksi

More info: Suhardeni 0812 8263 0856

Satu pemikiran pada “Bahagia dimasa tua, tergantung perencanaan dimasa muda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s