BPJS Sahabat Asuransi Kesehatan

bpjs

posted by denjo BPJS kesehatan adalah pelayanan dari pemerintah untuk menjamin kesehatan masyarakat dengan membayar iuran setiap bulannya dan Masyarakat bisa mendapatkan pelayanan dari rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS yang dirujuk oleh puskemas.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa banyak orang masih membutuhkan asuransi lain meski sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan dianataranya:

Program BPJS tidak ada kelas VIP dengan demikian dipilih oleh banyak karyawan atas dasar kepentingan untuk naik kelas perawatan ke jenjang VIP.
BPJS sendiri memiliki fasilitas kesehatan yang cukup lengkap diantaranya selain menangani rawat inap, BPJS juga bisa digunakan untuk rawat jalan, optik, gigi dan kehamilan. Menariknya BPJS menanggung semua biaya yang pengobatan pasien sampai sembuh total. Hanya saja, biaya tambahan akan dikenakan kepada pasien apabila pasien ingin pindah ke ruang perawatan yang lebih tinggi kelasnya, atau pembelian sejumlah obat yang tidak ditanggung BPJS.

BPJS juga memiliki layanan yang agak rumit, diantaranya kita harus meminta rujukan dari puskemas yang telah terdaftar nama kita, lalu setelah mendapatkan rujukan rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS, baru kita bisa mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Belum lagi antrian yang panjang bagi layanan BPJS membuat pelayanan BPJS terlihat lambat dan kurang baik. BPJS sendiri tidak menangani asuransi jiwa, hanya jaminan kesehatan saja.

Asuransi kesehatan itu sendiri adalah cara untuk melindungi kesehatan kita dari biaya yang diluar dugaan. Seperti kita ketahui bahwa biaya untuk sakit kritis seperti, stroke, kanker, jantung dan lain sebagainya membutuhkan biaya yang cukup banyak.

Asuransi kesehatan memberikan manfaat untuk rawat inap seperti kamar, operasi, ambulan, resep, periksa dokter, jaminan kematian/warisan, dan hal lain yang berhubungan dengan perawatan pasien di rumah sakit. Dan ada juga yang menawarkan fasilitas rawat jalan setelah dirawat inap.

Selain itu asuransi kesehatan tidak memberi fasilitas untuk optik, gigi, dan kehamilan. Berbeda dengan BPJS, asuransi kesehatan tidak menanggung semua biaya sampai pasien sembuh total, tapi ada limit pembayaran yang lebih dari limit itu, maka pasien harus membayar sendiri.

BPJS dan asuransi lain memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dari besar iuran yang dibayarkan maupun pelayanan, silahkan tutupi kekurangan nya dengan asuransi kesehatan lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s