Polis Lapse, Gimana Dong?

Polis LapseTidak sedikit nasabah yang telah memiliki polis asuransi dan polisnya lapse (tidak aktif/batal sementara). Padahal, jika manfaat asuransinya ingin tetap berlaku polis harus dalam keadaan inforce (aktif).

Salah satu konsekuensi kalau polis dalam keadaan lapse, masa tunggu akan dimulai lagi dari awal ketika polis diaktifkan kembali, setelah dilakukan pembayaran tunggakan cicilan premi. Dalam hal ini polis yang baru saja dipulihkan dari kondisi lapse akan dikenakan masa tunggu dari awal lagi seperti halnya polis baru. 

Sehingga ketika dalam masa tunggu tersebut nasabah terkena risiko, maka klaim tidak bisa dikabulkan oleh perusahaan asuransi. Misalnya, jika nasabah terkena penyakit kritis sebelum melewati 90 hari dari tanggal pemulihan polis, maka klaimnya tidak akan dibayar.

Itu sebabnya, memperhatikan polis supaya tetap dalam keadaan aktif menjadi sangat penting sesudah membeli polis asuransi.

Jika kita perhatikan, ada banyak alasan orang membiarkan polisnya lapse. Dua di antaranya karena ketika memutuskan mengambil polis tidak benar-benar tahu produk dan manfaat polis yang diambilnya; dan mungkin karena kondisi keuangan yang sedang bermasalah.

Mari kita bahas satu per satu.

Pertama, polis lapse karena nasabah tidak benar-benar tahu produk dan manfaat polis yang diambil. Banyak yang nasabah mengambil polis asuransi tapi tidak benar-benar tahu produk dan manfaatnya.

Hal ini disebabkan, entah karena agen kurang detail menjelaskan produk asuransi atau karena nasabahnya hanya sekadar membeli polis, sebab merasa tidak enak kepada agen.

Apa pun alasannya, ketidaktahuan nasabah mengenai produk dan manfaat asuransi akan menyebabkan nasabah kurang perhatian atau bahkan abai terhadap polis asuransi yang ia beli, termasuk pembayaran preminya.

Jika nasabah abai membayar premi, tentu saja polis akan lapse yang akibatnya manfaat proteksi tidak akan berlaku ketika nasabah mengalami risiko. Dan, kalau manfaat tidak berlaku tepat ketika nasabah membutuhkan klaim, maka sia-sialah asuransi yang diambilnya.

Oleh karena itu, langkah yang tepat sebelum membeli asuransi adalah mengetahui terlebih dahulu detail produk dan manfaat polis asuransi yang ditawarkan oleh agen, sehingga tidak seperti istilah membeli kucing dalam karung. Anda membayar harga kucing Persia, tapi ketika transaksi sudah berlaku, ternyata kucing lokal yang Anda dapatkan. Rugi bukan?

Membeli asuransi dengan mengetahui dan mengerti produk dan manfaatnya akan menjadikan Anda seorang nasabah yang cerdas dan peduli kepada diri dan keluarga.

Jadi, tips supaya polis tidak lapse dan Anda mendapatkan asuransi yang bermanfaat sesuai dengan kebutuhan: telitilah produk dan manfaat sebelum memutuskan membeli polis. Bila perlu bertanyalah kepada agen sampai Anda merasa tahu dan benar-benar mengerti.

Kedua, polis bisa lapse ketika kondisi keuangan bermasalah. Banyak hal yang menyebabkan kondisi keuangan seseorang bermasalah. Bisa karena adanya perubahan gaya hidup (life style) atau biaya-biaya kebutuhan yang tidak atau kurang prioritas.

Oleh karena itu, di sini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan supaya bisa tetap mempertahankan polis dalam keadaan aktif, yaitu:

  • Jika ada perubahan gaya hidup, maka kurangilah pengeluaran untuk hal itu, seperti makan di restoran, ngopi di mall, merokok, naik taksi, pakai mobil pribadi, penyaluran hobi, liburan, beli baju baru, dll. Salah satu contoh yang rutin misalnya merokok dan kebiasaan ngopi di mall. Jika dua hal ini dikurangi, maka kita bisa menyisihkan anggaran untuk mempertahankan polis agar tetap aktif.
  • Meskipun penting, menabung atau berinvestasi prioritasnya masih di bawah asuransi. Asuransi memiliki prioritas yang lebih utama dibandingkan menabung atau berinvestasi. Investasi tak akan banyak berguna jika seseorang mengalami musibah dalam waktu dekat, karena investasi itu butuh waktu untuk tumbuh besar. Karena itu kurangilah anggaran untuk tabungan atau investasi, agar polis tetap aktif.
  • Jika benar-benar mendesak, turunkanlah premi asuransi sampai preminya sesuai dengan angggaran Anda, mungkin dikurangi seperempatnya, setengahnya, atau ambil premi minimal. Hal ini juga menjadi cara mudah supaya polis tetap aktif. Anda cukup menghubungi agen untuk mengurus ini.

Demikian beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan supaya manfaat polis tetap berlaku.[]

SUHARDENI
Business Executive Allianz Star Network
Kontak: 0812 8263 0856, BB 51C9D115
Email: phat_family46@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s